Dulu gw sempet bikin hashtag #SelesaiBaca buat sharing isi buku yang gw udah selesai baca supaya orang tertarik juga buat baca buku. Banyak juga yang nanya langsung kenapa gw suka banget baca buku? Jadi gw akan coba sharing detil-detil buku bacaan gw yang menarik. Tujuannya masih sama, semoga jadi pada tertarik baca buku. Gw pake hashtag #ProfoundReading ya!

.

Dari buku #Uncensored, bagian [You can do it. God can help.] ini gw baca berulang-ulang. “How many times did I say that in my heart?” Rasanya ga keitung, apalagi ini sesuai banget sama spirit buku-buku Self Help yang berjajar di best seller. Ga kebayang sebelumnya kalo ternyata.. ini termasuk penyembahan berhala (idolatry). Brian Cosby jelasin bahwa ga sedikit gereja yang menerapkan konsep ini dalam kebaktiannya; misalnya do your best and with God, you can achieve anything! Buat gw ini lumayan menyentuh Prosperity Gospel (yang gak akan gw bahas lebih panjang di sini) tapi yang menarik adalah kalau gw liat lagi, pemikiran seperti ini satu rumpun dengan konsep: you can earn God’s blessing. If you’re a Christian, you know we can’t earn it by our efforts.

.

Kenapa sih ini termasuk idolatry? Menurut Brian Cosby, karena pemikiran ini “magnifying the gifts of God above the Giver Himself” dan menurut gw ini sangat tepat dibilang idolatry. Kalau di perumpamaan Anak yang Hilang (Lukas 15:11-32), kita ini seperti anak yang lebih menginginkan harta Bapa ketimbang pribadi Bapa itu sendiri.

.

Dari sini pun gw belajar lebih lagi soal ‘grace’. Semakin belajar, semakin ngerti juga kenapa Paulus dari yang mengakui “di antara semua rasul Kristus, aku yang paling berdosa” bisa sampe bilang “di antara semua pendosa, aku yang paling berdosa”. (We’ll talk about sin later)

.

Next gw akan share mengenai pembahasan Brian Cosby mengenai 2 Raja-Raja 2:23-24, salah satu “ayat sulit” yang sering dipakai ateis untuk mempertanyakan Tuhan dalam Alkitab.

.

Don’t hesitate to comment or your thoughts on any area you think I should improve about my sharing. Thank you!

.

[#ProfoundReading from #Uncensored by Brian Cosby, page 36-38]

Tinggalkan Balasan

